Platinum

Erlia Risti: Orangtua Harus Mampu Jadi Teman Bermain Anak-anak

Muhammad Arifin
31 January 2022
.
Erlia Risti:  Orangtua Harus Mampu Jadi Teman Bermain Anak-anak

Hj.Erlia Risti SE.anggota Komisi C DPRD Provinsi DIY

 

Yogyakarta (PM) - Kasus  positif COVID-19 probale omicron di DIY yang mengalami peningkatan menjadi 17 kasus, membuat Gurbernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengeluarkan pernyataan akan menghentikan pembelajaran tatap muka (PTM ) untuk anak - anak PAUD – SD (28/01/2022).

Hal senada diungkapkan Ibu Hj.Erlia Risti anggota Komisi C DPRD Provinsi DIY dari fraksi Partai Demokrat saat dihubungi patmamedia.com melalui telephon celluler , Senin, 31/01/2022). Dia mengapresiasi pernyataan Gurbernur DIY dan setuju jika pembelajaran tatap muka (PTM) untuk anak - anak usia PAUD sampai SD dihentikan untuk sementara waktu.

"Apalagi  anak - anak belum begitu mengerti bahaya virus ini. Tapi selama di sekolah belum ditemukan adanya kasus omicron sebaiknya anak - anak tetap menjalankan PTM dengan pantauan maksimal dari pihak sekolah, dengan pembagian waktu masuk diatur oleh pihak sekolah, "tuturnya.

Erlia menambahkan mengingat perlunya kewaspadaan dan edukasi, baik dari orangtua maupun pihak sekolah. Dicontohkan, di tingkatan PAUD sampai SD saat ini banyak motif dan model masker lucu – lucu. Örangtua dan guru harus waspada, jangan sampai ada yang saling tukar masker. Ini perlu pengawasan dan edukasi, bahwa masker adalah benda pribadi yang tidak boleh saling tukar atau pinjam,”paparnya.

Lebih lanjut, Erlia merisaukan kemungkinan anak-anak akan berkurang waktunya untuk bersosialisasi karena pembelajaran kembali daring. Untuk itu, karena anak-anak berada di rumah maka orangtualah yang harus terus melakukan pendampingan, mengedukasi dan memahamkan betapa berbahayanya virus covid ini. Namun juga harus mampu sebagai teman bermain bagi anak-anak.

Sisi negative lain, menurut pengamatan Erlia, anak- nak sekarang lebih memilih bermain dengan gadget. Jadi PTM dengan melakukan shift dalam satu minggu serta jam belajar dipersingkat, hal yang layak dipikirkan agar anak tidak terjebak pada gadget.***s

 

Griting

Baca Juga