Platinum

Forkom Gapoktan dan Bazar KWT, Bupati Sleman Dorong Peningkatan Hasil Produk Pertanian

Wijatma T S
24 April 2024
.
Forkom Gapoktan dan Bazar KWT, Bupati Sleman Dorong Peningkatan Hasil Produk Pertanian

Bupati Kustini me,ngunjungi stand bazar KWT, Rabu (24/4/2024). (PM - ist)

Patmamedia.com (SLEMAN) – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menghadiri sekaligus membuka penyelenggaraan Forum Komunikasi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Bazar Produk Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kantor UPT Balai Penyuluhan Pertanian Pangan dan Perikanan (BP4) Wilayah VIII Prambanan, Rabu (24/4/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman ini bertujuan mempertemukan pelaku usaha dan pelaku pertanian sekaligus menjadi kesempatan memperkenalkan hasil produk pertanian di BP4 Wilayah VIII.

Kustini Sri Purnomo dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan Forkom Gapoktan dan Bazar produk KWT. Ia berharap kegiatan ini menjadi motivasi bagi para petani untuk saling berkolaborasi meningkatkan produksi hasil pertanian di Sleman.

Lebih lanjut Kustini menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sleman terus mendorong setiap aktifitas dan memberikan motivasi para petani untuk dapat memajukan pertanian sebagai sektor penting dan andalan dalam menopang perekonomian nasional maupun daerah.

Menurut Kustini, pembangunan pertanian harus menjadi prioritas utama yang ditetapkan sebagai salah satu sektor unggulan yang senantiasa mendukung arus perdagangan dan perputaran ekonomi yang mendukung industri pangan dan pertanian bahkan perikanan di Kabupaten Sleman.

"Saya berharap agar Forum Komunikasi Gapoktan dan KWT berkolaborasi dan berkoordinasi agar dapat saling melengkapi dalam menjalankan berbagai program kegiatan untuk memajukan pertanian Sleman sehingga petani semakin sejahtera," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono, menjelaskan kegiatan ini bertujuan mempertemukan pelaku usaha dan pelaku utama di sektor pertanian di Sleman.

Selain mempertemukan pelaku usaha dan petani, lanjut Suparmono, kegiatan ini juga menjadi indikator untuk menilai sejauh mana pendampingan yang dilakukan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman kepada petani di Sleman melalui UPT di lapangan.

"Kegiatan seperti ini bisa menjadi tolok ukur bagi dinas sejauh mana pendampingan UPT di lapangan," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Kustini juga mendorong Forum Komunikasi Gapoktan dan Bazar KWT bersama - sama berupaya untuk terus meningkatkan hasil produk - produk pertanian dengan kualitas yang unggul.

Selain bazar produk KWT, dalam kesempatan yang sama juga dikukuhkan 9 (sembilan) pengurus Organisasi Perkumpulan Petani Organik. Pengukuhan dilakukan secara langsung oleh Bupati Sleman yang ditandai dengan pembacaan naskah pengukuhan.

Kemudian, Bupati Sleman beserta jajarannya juga berkesempatan melakukan panen buah semangka yang berada di kawasan Kantor BP4 Wilayah VIII.***

Griting

Baca Juga