Platinum

Hari Relawan,PMI DIY Gelar Apel Kesiapsiagaan Dan Parade Armada Tugas Kemanusiaan

Isan Riyanto
05 January 2022
.
Hari Relawan,PMI DIY  Gelar Apel Kesiapsiagaan Dan Parade Armada Tugas Kemanusiaan

Apel dalam rangka memperingati hari Relawan, dii...

 

Sleman,Patmamedia.com - Apel  dalam rangka memperingati hari  Relawan, diikuti 500 relawan PMI se DIY bertindak sebagai Inspektur  upacara Wakil  Bupati Sleman, Danang  Maharsa di lapangan Pemda Sleman Beran, Sleman Minggu (26/12/2021).

Wabup  dalam sambutannya mengatakan, PMI berperan besar dalam membantu pertolongan, karena PMI dan relawannya selalu mempunyai hati dan tenaga dalam menjalankan tugas kemanusian. Pemerintah tidak  dapat sukses jika tidak didukung tim relawan.

“Saya mengapresiasi kepada PMI yang telah berkontribusi dalam menjalankan tugas kemanusiaan,” ungkapnya.

Menurutnya, PMI sebagai  ujung tombak dan  jantung  organisasi relawan mempunyai peran penting keberlangsungan hidup organisasi, relawan telah memberikan sumbangsih terbaik dalam tugas  kemanusian,  melalui relawan PMI telah dikenal dunia dan banyak  sumbangsih bagi mereka yang membutuhkan.

Peringatan hari relawan PMI menjadi penting untuk memberi penghargaan bagi  relawan PMI dengan segala kiprahnya yang telah dikenal oleh dunia.

Ketika pandemi Covid-19 melanda diberbagai  dunia, relawan  senantiasa berada  di garis depan dalam tugas kemanusiaan, relawan dalam tanggap darurat Covid-19 dan pencegahan di  tengah –tengah masyarakat.  

“ Sudah selayaknya relawan juga mendapat perlindungan ketika menjalankan tugas kemanusiaan, , seperti perlengkapan , administrasi, perlindungan keamanan, kesehatan, asuransi, alat pelindung. Upaya pendukung penanganan  pasca Covid -19 secara konsisten sudah dilakukan PMI dari awal hingga  saat ini.” ujar Danang.

Ketua PMI DIY  GBPH H Prabukusumo,S.Psi, menambahkan sejak tahun 2005 Presiden RI menetapkan 26 Desember dijadikan Hari Relawan PMI bertepatan dengan setahun pasca tsunami Aceh.

Apel diakhri penampilan simulasi pertolongan pertama triage, parade armada PMI di antaranya hagglund, gunner spray, mobil pikap spray, truk tangki air, ambulans sepeda motor dan ambulans mobil.   (Isan  R) 

Griting

Baca Juga