Platinum

Kirab Budaya Warnai Kemeriahan Hari Jadi Kabupaten Bantul Ke-191

Muhammad Arifin
20 July 2022
.
Kirab Budaya Warnai Kemeriahan  Hari Jadi Kabupaten Bantul Ke-191

Kirab bergodo prajurit dalam rangka HUT Kabupaten Bantul yang ke-191 ( PM- Muhammad Arifin)

Bantul PM - Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Bantul yang ke 191 tahun, Pemkab  Bantul menggelar upacara peringatan,  di lapangan Trirenggo, ,Rabu ( 20 07/2022 ). Peringatan tahun ini mengusung tema "Bantul Gumregah Mewujudkan Masyarakat yang Harmonis, Sejahtera dan Berkeadilan ".

Upacara dipimpin langsung oleh Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X dan diikuti perwakilan dan bergodo dari seluruh kapanewon se Kabupaten Bantul. 

Dalam sambutannya, Ngarso Dalem Sri Sultan HB X mengajak masyarakat Bantul untuk menjadikan peringatan HUT tersebut sebagai ajang introspeksi dan retrospeksi.

" Peringatan ini hendaknya diiringi instrospeksi dan retrospeksi, seraya mengenang sejarah perjalanan Kabupaten Bantul selama ini dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat," ucap Gurbernur DIY Sri Sultan HB X

Ngarso Dalem juga mengajak kepada seluruh masyarakat Bantul agar mensyukuri dirgahayu ini.  Begitu juga kepada seluruh unsur pemerintahan dan masyarakat   harus bangkit, sejalan dengan niat gumregah yang sudah dicanangkan.

Dalam sambutannya, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan ,tema yang diusung berlandaskan pada pembulatan tekad dan semangat untuk menyatukan gerak langkah Pemkab Bantul mewujudkan cita-cita mulia. Dalam komitmennya, Pemkab Bantul akan mengerahkan seluruh kemampuan dan sumber daya yang dimiliki untuk roda perekonomian.

"Kami terus berkomitmen untuk mengerahkan seluruh kemampuan dan sumber daya yang dimiliki untuk roda perekonomian dan peningkatan kualitas pelayanan publik demi mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat," ucapnya

Setelah selesai upacara , rangkaian acara HUT Kabupaten Bantul ditutup dengan acara kirab budaya yang diikuti oleh para seniman tari se Bantul dan Kirab bergodo prajurit kraton. Semua bergodo melakukan kirab mulai dari lapangan Trirenggo menuju perempatan Bejen .Antusias warga untuk melihat rangkaian acara ini pun sangat luar biasa .Meski di siang hari ,mereka jauh - jauh untuk menyaksikan dan mengabadikan acara tahunan tersebut.

Salah satu warga dari Srandakan yang malu menyebutkan  namanya saat di wawancarai patmamedia.com di lokasi mengatakan bahwa mereka  sudah rindu kegiatan seperti ini setelah hampir 3 tahun pandemi .

"Kami sudah sangat rindu agenda semacam ini, apalagi ini sudah menjadi tradisi acara tahunan yang diadakan oleh Pemkab Bantul. Sudah beberapa tahun terakhir acara seperti ini ditiadakan karena  pandemi covid 19. Semoga tahun-tahun selanjutnya bisa digelar lagi yang lebih meriah," ucapnya.***g

Griting

Baca Juga