Platinum

Kulonprogo: Januari Targetkan 10 Ribu Vaksin Booster

Roberto Gusta
12 January 2022
.
Kulonprogo: Januari Targetkan 10 Ribu Vaksin  Booster

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo TH Baning Rahayujati. (PM-Roberto Gusta)

Kulonprogo (PM) – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo memulai memberikan vaksin dosis ketiga atau booster,  Rabu (12/1). Pemberian vaksin di RSUD Wates, RSUD Nyi Ageng Serang, Pelayanan Kesehatan Bhayangkara, Kartika dan di 21 Puskesmas.

Juru Bicara Gugus Tugas Pengangan Covid-19 Kulonprogo, TH Baning Rahayujati mengatakan pemberian booster diperuntukan masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas lansia dan penderita imunokompromais yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap, minimal setelah penyuntikan vaksin dua dosis.

Sesuai ketersediaan vaksin yang ada di Kulonprogo, katanya vaksinasi booster menggunakan Astra Zeneca. “Pemberian booster tersebut diperuntukan masyarakat yang vaksin dosis pertama dan dosis kedua menggunakan vaksin Sinovac,” tutur Baning Rahayujati.

Menurutnya, di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo dan sejumlah Puskesmas masih tersedia vaksin Astra Seneca sekitar  7.000 dosis. Persediaan tersebut cukup untuk pemberian vaksin booster  sebanyak 14 ribu sasaran.

“Tiap sasaran vaksin hanya membutuhan setengah dosis sehinga persediaan mencukupi untuk 14 ribu sasaran,” jelasnya.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo mentargetkan hingga akhir Januari 2022 bisa pemberian vaksin booster sebanyak 10 ribu sasaran. Vaksin booster gratis  dengan persyaratan membawa kartu vaksin untuk melihat vaksin dosis primer. ***

 

Griting

Baca Juga