Platinum

ORI DIY Siap Fasilitasi Mediasi PKL Stasiun Wates dengan PT.KAI

Muhammad Arifin
17 March 2022
.
ORI DIY Siap Fasilitasi Mediasi PKL Stasiun Wates dengan  PT.KAI

Para pedagang stasiun Wates saat mendatangi Ombudsman RI perwakilan DIY untuk audiensi terkait permaslahan penggusuran kios mereka oleh PT.KAI. (PM/Muhammad Arifin)

Yogyakarta (PM) - Ombudsman RI perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan penjelasan terkait pembicaraannya dengan pihak PT. KAI Daop VI Yogyakarta. Seperti diketahui sebelumnya,  soal rencana relokasi pedagang yang berada di depan Stasiun Wates yang menuai penolakan dari para pedagang.

Saat dikonfirmasi patmamedia.com Jum'at (11/03/2022) melalui telephone celuller,  Jaka Susila Wahyuana selaku Kepala Pemeriksaan Lapangan dari Ombudsman RI DIY mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan para pedagang dan PT.KAI. Pihaknya bersama dengan Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana akan memfasilitasi para pedagang untuk mediasi dengan pihak PT.KAI.

"Kemarin tim ORI  turun lapangan untuk mengumpulkan keterangan, data dan informasi ke para pihak untuk memastikan keberadaan kios depan Stasiun Wates milik pelapor dan meminta penjelasan kepada petugas stasiun terkait keberadaan kios tersebut. Selanjutnya pada siang harinya kami meminta penjelasan kepada PT KAI Daop VI terkait rencana relokasi pedagang di kios depan stasiun. Kami rencanakan minggu depan ORI DIY bersama Wakil Bupati Kulonprogo akan memfasilitasi mediasi antara para pelapor/pedagang dengan pihak PT.KAI untuk mencari skema penyelesaian bersama di kantor Bupati Kulonprogo." tutur Jaka

Diharapkan selama proses pemeriksaan ombudsmam agar kedua belah pihak bisa menahan diri dan tidak melakukan tindakan dan langkah-langkah yang dapat menyebabkan suasana tidak kondusif.  "Kami berharap agar kedua belah pihak tidak melakukan tindakan yang bisa menimbulkan suasana yang tidak kondusif, " tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana kemarin (10/03/2022) saat menerima audiensi dari para pedagang.

Sementara itu koordinator pedagang,Tami menyampaikan bahwa para pedagang sedikit lega mendengar janji dari ORI DIY maupun Wakil Bupati Kulonprogo yang akan memfasilitasi untuk mediasi dengan pihak PT.KAI. 

"Saya dan teman - teman pedagang ,cukup lega dan merasa lebih tenang karena bapak Fajar Gegana dan Wakil Bupati yang merupakan bapanya masyarakat Kulonprogo, bersama dengan ORI DIY akan memfasilitasi kami untuk mediasi dengan PT.KAI. Kami berharap nanti ada solusi terbaik buat kami ."ucapnya .***g

 

Griting

Baca Juga