Platinum

Peringatan Hari Jadi Sendangadi Berlangsung Meriah, Mengarak 14 Kendi Air Suci

Wijatma T S
21 April 2024
.
Peringatan Hari Jadi Sendangadi Berlangsung Meriah, Mengarak 14 Kendi Air Suci

Bergada putri turut mengiringi arakan 14 kendi air suci. (PM-ist)

Patmamedia.com (SLEMAN) - Pemerintah Kalurahan Sendangadi memperingati Hari Jadi ke-76. Peringatan dilaksanakan dengan pelaksanaan upacara dan kirab budaya yang dimulai dari Joglo Sendangadi menuju Kalurahan Sendangadi, Minggu (21/4/2024). Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, hadir memberikan arahan sekaligus menjadi inspektur upacara.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan denganl prosesi pengambilan air di Sendangsari oleh Juru Kunci, yang kemudian diserahkan kepada Srikandi pembawa air. 

Sebanyak 14 kendi yang berisi air suci, diarak menuju Kalurahan Sendangadi dan diserahkan kepada 14 dukuh. Prosesi penyerahan air suci oleh Lurah Sendangadi, Sugengno. Pada prosesi tersebut turut dimeriahkan oleh ratusan warga Sendangadi yang mengikuti kirab dengan pakaian tradisional.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengapresiasi kreatifitas warga Sendangadi dalam melestarikan budaya. Ia mengatakan kegiatan ini tak sekadar menjadi peringatan Hari Jadi Kalurahan, namun juga sebagai upaya pemeliharaan budaya. Sehingga sejarah dan budaya pada kegiatan ini dapat sekaligus diperkenalkan kepada generasi muda yang hadir.

"Kirab budaya ini menjadi sebuah wujud dari persatuan dan kekompakan masyarakat Sendangadi dan sekitarnya. Dengan kegiatan ini diharapkan warga masyarakat Sendangadi dapat mempererat kekompakan, kerjasama, dan membangun rasa saling memiliki," kata Danang.

Danang berharap tradisi ini dapat menjadi inspirasi bagi kalurahan lain. Sehingga, tali budaya masyarakat Jawa khususnya Kabupaten Sleman dapat terus dilestarikan seterusnya.

"Mudah-mudahan dengan peringatan ini, kami berdoa seluruh warga Sendangadi selalu sejahtera, semakin ayem, tentrem, dan bisa melanjutkan apa yang dicita-citakan masyarakatnya," pungkas Danang.***

Griting

Baca Juga