Platinum

Peringati Hari Air Dunia Wabup Sleman Tanam Pohon

Danang Dewo Subroto
31 March 2022
.
Peringati Hari Air Dunia Wabup  Sleman Tanam Pohon

Wakil Bupati tanam bibit pohon pada peringatan Hari Air se-Dunia. (Foto: PM -Istimewa)

 

Sleman (PM) - Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke-30, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak melakukan kegiatan penanaman bibit pohon di area Embung Sendangtirto, Berbah, Sleman, Rabu (30/3/2022). 

Secara simbolis Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa bersama dengan Kepala BBWS Serayu Opak, Dwi Purwantoro menanam pohon.

Pada kegiatan peringatan Hari Ari Dunia ini, BBWS Serayu Opak memberikan banttuan bibit pohon yang ditanam di area Embung Sendangtiro, Berbah.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyampaikan apresiasinya dan ucapan terima kasih kepada BBWS Serayu Opak yang telah memberikan bantuan bibit pohon yang ditanam di beberapa wilayah termasuk di Sleman. 

Danang menilai, peringatan Hari Air Dunia ini merupakan momen untuk mengingatkan dan meningkatkan kesadaran untuk memelihara keberadaan sumber air bersih agar dapat terus dimanfaatkan oleh generasi selanjutnya, terlebih Kabupaten Sleman sebagai kawasan penyangga perkotaan memiliki kewajiban untuk menjaga kawasan hijau yang menjadi konservasi air.

Lebih lanjut Danang mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman terus melakukan upaya - upaya dalam melestarikan ketersediaan air tanah. 

"Pemkab Sleman senantiasa mengupayakan pengelolaan sumber daya air melalui penanaman pohon, pengelolaan sungai, pengelolaan mata air, pembuatan sumur resapan, pembangunan embung dan pembangunan bendung," jelas Danang Maharsa  dalam rilis tertulis.

Ketersediaan air dinilai menjadi salah satu faktor tercapainya kemandirian dan kedaulatan pangan di suatu daerah. Berdasarkan hal tersebut, Danang megatakan keberadaan embung sebagai konservasi air menjadi hal penting.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BBWS Serayu Opak, Dwi Purwantoro menjelaskan bahwa tema peringatan Hari Air ke-30 ini yaitu memanen air hujan dan salah satunya adalah dengan pembuatan embung. Berdasarkan hal tersebut, dia mengatakan akan terus mendukung langkah Pemerintah dalam melakukan pelestarian sumber air salah satunya dengan penanaman pohon di area embung. 

Lebih lanjut, Dwi Purwantoro menuturkan bahwa pada tahun sebelumnya, BBWS Serayu Opak telah melakukan penanaman sebanyak 1.300 pohon di wilayah kerja BBWS Serayu Opak mulai dari Sungai Opak sampai dengan sungai serayu. Sementara tahun 2022, BBWS Serayu Opak telah melakukan penanaman sebanyak 5.000 pohon. 

"Pohon yang ditanam dari kami ini paling kecil tingginga dua meter, harapannya tidak sampai satu tahun masyarakat dapat merasakan manfaat dari penanaman pohon untuk konservasi air," katanya.

Selain itu, dalam peringatan hari air ini juga dilakukan penebaran benih ikan oleh Waki Bupati Sleman Danang Maharsa dan Kepala BBWS Serayu Opak di Embung Sendangtirto Berbah.***k

Griting

Baca Juga