Platinum

Ratusan Peserta Ikuti MTQ Pelajar Tingkat Kabupaten di SMPN 2 Lendah

Roberto Gusta
06 September 2022
.
Ratusan Peserta Ikuti MTQ Pelajar Tingkat Kabupaten di SMPN 2 Lendah

Penyerahan hadiah pemenang MTQ Pelajar Tingkat Kabupaten. (PM-Istimewa)

Kulonprogo (PM) - Setelah absen akibat pandemi Covid-19, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar SD dan SMP Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Kulonprogo kembali digelar pada Rabu (31/08/2022) di SMP Negeri 2 Lendah.

Hadir pada acara tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah (Asda) 1 Jazil Ambar Wasán, Kapolres  Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini, Dandim 0731 Kulonprogo Letkol Inf Nurwaliyanto, Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati.

Kemudian perwakilan dari Kejaksaan Negeri Wates, Kulonprogo, Eriksa, Kepala Kemenag Kulonprogo HM  Wahib Jamil, Kepala Disdikpora (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga) Arif Prastowo dan Kepala Baznas Kulonprogo, H Abdul Majid.

Acara dibuka  Asda 1 Jazil Ambar Wasa’an mewakili PJ Bupati Kulonprogo ditandai dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya Jazil Ambar mengungkapkan bahwa tujuan MTQ ini adalah untuk memberikan pembinaan kepada anak didik kita para pelajar untuk bisa menghayati nilai-nilai yang ada dalam Al quran.

“Harapannya MTQ ini bisa direalisasikan di dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita berharap generasi muda kita bisa cerah di masa yang akan datang, dan mempunyai sifat relegius dan berkarakter yang qurani”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Arif Prastowo menyatakan penyelenggaraan MTQ SD dan SMP tertujuan untuk  mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berkarakter, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahlak mulia,

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Disdikpora Kulonprogo, R Chris Hartanto menjelaskan MTQ pelajar tahun ini diikuti sebanyak 246 peserta,meliputi peserta  pelajar SD 192 siswa, dan SMP 54 siswa.

“Yang dilombakan sebanyak 13 cabang untuk jenjang SD  dan 9 cabang lomba untuk jenjang SMP. Untuk masing-masing cabang lomba akan ditentukan juara I, II dan III. Dan akan diberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan”, tambahnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pentasyarufan Baznas bantuan untuk pembangunan mushola SD dan SMP yang diserahkan oleh Kepala Baznas Kulonprogo H Abdul Majid.***

Griting

Baca Juga