Platinum

Sudah Ada Pemenang Lelang, Proyek Pasar Gede Klaten Segera Dimulai

Muhammad Arifin
10 January 2022
.
Sudah Ada Pemenang Lelang, Proyek Pasar Gede Klaten Segera Dimulai

Pasar Gede Klaten siap kembali dibangun awal tahun ini

Klaten (PM) — Proyek pembangunan Pasar Gede Klaten dipastikan mulai bergulir awal tahun ini. Rencananya, proyek pembangunan pasar yang didanai pemerintah pusat tersebut rampung pada 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Klaten, Supriyanta, mengatakan proses lelang proyek pembangunan pasar itu ditangani Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dari informasi yang dia terima, proses lelang pembangunan proyek bernilai Rp 82 M itu sudah rampung dan sudah ada pemenangnya.  

“Ini nanti sudah dimulai tahapan-tahapannya. Tiang pancang akan segera dimulai disusul proses perataan tanah. Tahun ini fokus pada pembangunan kerangka bangunan,” tuturnya

Proyek pembangunan pasar direncakan berlangasung selama dua tahun yakni 2022-2023. Jika proyek bergulir lancar, pedagang menempati bangunan baru Pasar Gede pada awal 2024.

Pasar Gede dibangun dengan konsep semi modern. Pasar dibangun dengan tetap mempertahankan jumlah lantai pasar yakni tiga lantai. Selain itu kawasan bekas terminal angkot juga bakal disulap menjadi pasar tiga lantai. Antara kedua gedung ada jembatan penghubung.

 “Untuk kapasitasnya, Pasar Gede Klaten ini nantinya mampu menampung sekitar 2.000 pedagang,” kata Supriyanta.

Selama pembangunan berlangsung, para pedagang Pasar Gede Klaten untuk sementara menempati pasar darurat yang berada di lahan kas Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara di Jl. Kopral Sayom. Mereka sudah mulai dipinndahkan ke pasar darurat itu sejak November 2020.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menjelaskan proyek pembangunan Pasar Gede Klaten dimulai pada 2022.  "Pembangunan tidak akan selesai dalam satu tahun anggaran, sehingga proyek pembangunan pasar dilakukan secara multi years. Kalau tidak salah total anggaran untuk membangun pasar tersebut lebih dari Rp100 miliar,” ucap Mulyani.

Bupati mengakui bergulirnya proyek pembangunan Pasar Gede Klaten mundur dari rencana awal. Hal itu terjadi lantaran alokasi anggaran untuk pembangunan pasar tersebut sempat terimbas refocussing anggaran di tingkat pusat untuk penanganan Covid-19.

“Memang agak mundur karena seharusnya tahapan di 2021. Namun karena pemerintah harus melakukan refocussing anggaran, sehingga tahapan baru bisa dimulai  pada 2022  ini,” ungkapnya

Griting

Baca Juga