Platinum

Warga Desa Karangduren Gelar Lomba Balap Traktor Sambut HUT RI Ke 77

15 August 2022
.
Warga Desa Karangduren Gelar Lomba Balap Traktor Sambut HUT RI Ke 77

Beberapa peserta joki lomba balap traktor di Desa Karangduren, Kecamatan Karanganom yang kesulitan mengendalikan traktornya saat lomba. (PM-Muhammad Arifin)

Klaten PM - Banyak cara yang dilakukan warga dalam rangka ikut memeriahkan HUT RI. Begitu juga yang dilakukan warga desa Dusun Bakal, Desa Karangduren,Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten. Mereka punya cara unik untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 ini

 Warga menggelar lomba balap traktor (mesin bajak sawah), Minggu ( 14/08/2022 ) yang diikuti puluhan peserta. Acaranyapun seru dan meriah. Lomba yang dimulai pukul 14.00 WIB itu memanfaatkan dua petak sawah di selatan dusun. Di setiap sawah yang diisi air tersebut dibuat trek melingkar dengan dipasang garis start dan finish.

Para peserta berasal dari Kecamatan Kebonarum, Karangnongko, Jogonalan bahkan ada eksibisi dari Kabupaten Magelang. Setiap peserta diharuskan berputar adu cepat melibas trek yang disediakan.

Saat bendera start diangkat, dua traktor mulai beradu cepat dengan kelihaian joki masing-masing.Tak pelak banyak hambatan dan kejadian yang menarik, ada traktor yang keluar trek, ada yang mogok, bahkan ada yang beberapa kali jokinya sampai terlempar sehingga mesin bajak berjalan sendiri tanpa pengendali.

Bahkan ada juga traktor yang sedang dipanasi mesinnya tiba - tiba berjalan menabrak sekitar enam orang penonton. Tiga orang terlempar ke sawah dan satu orang luka serius dibawa menjauh dari arena. Meskipun ada insiden, lomba tetap berjalan meriah dan pengunjung menyerbu lapak-lapak UKM.

Peserta asal Kecamatan Karangnongko, Raharjo (50) menyatakan baru kali ini ikut lomba tersebut. Meskipun lelah tetapi asyik karena banyak penonton.

"Baru kali ini ada lomba seperti ini. Sudah setiap harinya saya pegang traktor tapi untuk bajak sawah, bukan lomba balapan adu cepat," tuturnya

Raharjo menyatakan secara teknis sama dengan mengoperasikan traktor. Hanya saja karena ada cepat, para joki traktor tua seperti dirinya kerepotan.

"Kalau bajak sawah,bisa dengan santai,tapi kali ini traktor harus dipacu cepat ya namanya mesin tua jelas kalah napas dengan yang muda.imbuhnya.

Joki traktor yang menang penyisihan, menyatakan balapan ini tidak hanya mengandalkan skill tapi lomba menguras tenaga. Bagi yang tidak kuat napas pasti kalah.***g

Griting

Baca Juga