Platinum

Warga Padukuhan Temben Bangun Jembatan Bambu, Hubungkan Wilayah Kulonprogo dan Bantul

Muhammad Arifin
04 August 2022
.
Warga Padukuhan Temben Bangun Jembatan Bambu, Hubungkan Wilayah Kulonprogo dan Bantul

Jembatan Sesek atau jembatan bambu dibangun warga saat musim kemarau, menghubungkan wilayah Kulonprogo dan Bantul. (PM-Muhammad Arifin)

Kulonprogo (PM) -  Sebuah jembatan darurat dari bambu, yang menghubungkan Dusun Temben, Ngentakrejo, Lendah, Kulonprogo dan wilayah Kabupaten Bantul yang terpisah oleh Sungai Progo, kembali dibuat oleh masyarakat setempat.  Jembatan yang disebut Sesek ini hanya dibuat saat musim kemarau saja, karena kondisi debit air sedikit dan arusanya tidak deras.

Sesek ( Jembatan Bambu ) yang selesai dibuat pada Rabu (03/08/2022) itu dinilai sangat membantu warga setempat yang ingin bepergian ke wilayah di seberang atau sebaliknya. Baik yang berjalan kaki, bersepeda atau mengendari sepeda motor.

Bahkan di hari libur atau akhir pekan, Sesek ini banyak dimanfaatkan oleh warga sebagai tempat nongkrong. Tempat melepas lelah bersama keluarga sambil menikmati pemandangan air sungai yang indah.

"Sesek ini sebetulnya sudah sangat lama sebagai jalur alternatif yang menghubungkan Padukuhan Temben dan Manukan Sendangsari Pajangan Bantul, namun hanya bisa dibuat saat musim kemarau saja. Sekarang jembatan ini dikelola oleh warga Temben berkoordinasi dengan warga Manukan,” tutur Maman Ketua Pengelola Jembatan Sesek kepada patmamedia.com, Rabu (03/08/2022).***g

Griting

Baca Juga